7 TRIK MENYUSAIKAN PENGATURAN KAMERA NIKON UNTUK MEMUDAHKAN PENGGUNA

 

Ada banyak cara untuk menyesuaikan kamera Anda. Dan kali ini, saya tidak berbicara tentang menambahkan bling ke sana. Ini adalah sesuatu yang jauh lebih berguna, dan ditujukan untuk para pengguna Nikon.

Steve Perry telah melewati tujuh trik Nikon untuk menyesuaikan kontrol kamera. Mereka mengerjakan sebagian besar kamera Nikon, dan mereka akan membuat pemotretan Anda lebih cepat, lebih efisien dan lebih menyenangkan. Namun Steve mengatakan bahwa trik ini mungkin tidak bekerja pada semua kamera Nikon. Jadi sambil membaca artikel ini sebaiknya Anda mencari tahu di kamera Nikon Anda,

1# - Cara cepat melakukan zoom untuk mengecek fokus gambar



Tekan tombol multi-selector tengah untuk memperbesar gambar 100%. Ini cara cepat memeriksa ketajaman gambar apakah telah fokus dengan baik atau tidak. Pengaturannya cukup cepat juga yaitu:

Buka Custom Settings Menu > Controls > tekan tombol multi-selector tengah atau tombol OK > masuk ke mode Playback dan tekan tombol > pilih Zoom on / off > pilih pembesaran 1: 1 (100%). Klik OK, dan selesai. Sekarang saat Anda menekan tombol OK atau tombol tengah setelah memotret, kamera akan memperbesarnya sampai 100%.

Pengaturan khusus ini tidak bekerja pada Nikon D7000, karena Anda hanya dapat menggunakan tombol OKuntuk menyorot titik fokus aktif atau memilih titik fokus tengah.
 

2# -  Cara cepat zoom di mode Live View



Ini terkait dengan trik sebelumnya, dan ini berguna jika Anda sering melihat adegan melalui Live View daripada Viewfinder. Masih cara yang sama, Anda bisa menggunakan tombol tengah atau tombol OK untuk memperbesar 100% dalam mode live view untuk memeriksa fokus. Caranya:

Masuk ke Custom Settings Menu > Controls > tekan tombol multi-selector tengah atau tombol OK > masuk ke tampilan Live View dan tekan tombol > pilih Zoom on / off > pilih pembesaran 1: 1 (100%), lalu klik OK.

Karena terhubung dengan yang sebelumnya, trik ini juga tidak bekerja pada Nikon D7000.

3# - Cara cepat pratinjau (review) gambar



Anda tidak perlu cemburu terhadap pengguna Canon karena memiliki tombol perintah untuk menggulir gambar dengan cepat. Nikon juga memiliki pilihan itu, dan Anda bisa mengaturnya (kustomisasi) di kamera Anda. Anda dapat menggunakan tombol perintah di bagian belakang kamera untuk menelusuri satu gambar, atau yang ada di bagian depan untuk menelusuri sepuluh gambar sekaligus. Begini caranya:

Silahkan masuk ke Custom Settings Menu > Controls > Customize command dials > Menus and Playback > lalu pilih ON atau ON (Image review excluded). Konfirmasikan dengan tombol OK dan gulir ke kiri.

Perhatikan, bahwa dengan memilih ON (Image review excluded) Anda hanya dapat menggulir melalui gambar saat Anda menekan tombol Playback, dan bukan saat kamera menawarkan pratinjau foto yang baru saja Anda ambil. Sedangkan dengan hanya memilih ON, Anda dapat menelusuri gambar kapan pun Anda mau.

Catatan penting lainnya adalah bahwa pada beberapa kamera Nikon, tombol panggil balik (back command dial) akan menggulirkan foto satu per satu, dan yang depan akan beralih di antara mode tampilan yang berbeda. Kabar baiknya ini bekerja untuk D7000.

4# - Cara cepat memformat kartu memori



Memformat kartu memori pada kamera Nikon sangat mengharuskan Anda menelusuri jauh ke dalam menu kamera. Jika Anda ingin melakukannya lebih cepat, inilah caranya:

Apakah Anda memiliki dua tombol dengan label merah "Format" di sampingnya? Tekan dan tahan kedua tombol tersebut secara simultan sampai tulisan "For" muncul di layar LCD atas. Kemudian ulangi cara yang sama tekan dan tahan kedua tombol, dan kamera akan memformat kartu memori Anda.

Tapi ada satu trik lagi jika ada "2 kartu" di dalam kamera. Tekan dan tahan tombol "Format" sampai muncul tulisan "For". Kemudian gunakan tombol panggil balik untuk beralih di antara dua kartu memori. Bila kartu yang ingin Anda format muncul di layar, tekan dan tahan tombol "Format" lagi dan hanya itu.

Nikon D7000 memiliki label "Format" di samping tombol Delete dan tombol Exposure metering, sehingga Anda dapat memformat kartu dengan cara ini.
 

5# - Cara mendisable flash untuk sementara



Bila Anda memiliki speedlight yang terpasang di atas kamera, Anda mungkin tidak selalu memerlukannya sepanjang pemotretan. Daripada menyalakan atau mematikan sepanjang waktu, Anda dapat memprogram tombol Function atau Preview untuk menonaktifkan flash sementara ketika Anda menekan dan menahannya saat Anda memotret. Pengaturannya bisa berbeda dengan kamera yang berbeda, tapi begitulah cara kerjanya untuk sebagian besar dari mereka:

Masuk ke Custom Settings Menu > Controls > Assign preview button > pilih Press dari menu resolving > pilih dan tekan tombol Flash off.

Bagi pengguna Nikon D5 dan D500, caranya seperti ini:

Masuk ke Custom Settings Menu > Controls > Custom Control Assignment > pilih Pv atau Fn1 dari kolom sebelah kiri > cari opsi Flash Disable / Enable, pilih dan tekan OK.

6# - Gunakan tombol merekam video untuk mengubah ISO



Jika Anda ingin mengubah ISO dengan cepat, Anda dapat memprogram ulang tombol perekaman video untuk ke fungsi yang berbeda. Perlu dicatat bahwa jika kamera Anda telah memiliki tombol ISO, maka opsi ini tidak akan tersedia. Tapi jika kamera Anda tidak memilikinya, inilah cara memanfatkan tombol rekam video untuk cepat mengatur nilai ISO:

Buka Custom Settings Menu > Controls > Assign movie record button > pilih Press + command dials > pilih ISO dari menu resolving.

Saat Anda mengaturnya, Anda dapat menekan dan menahan tombol rekam dan menggulir dengan tombol main-dial di bagian belakang kamera untuk mengubah nilai ISO dengan cepat. Jika Anda menggulir dengan tombol main-dial di bagian depan, Anda dapat memilih antara ISO reguler dengan Auto ISO.

Sedangkan untuk Nikon D7000, ia memiliki tombol ISO yang juga memiliki fungsi untuk Zoom out, jadi cara ini tidak berlaku lagi.

7# - Meletakkan AF Point berdasarkan orientasi


Trik yang terakhir ini akan membuat titik AF mengingat di mana letaknya saat Anda memegang kamera dalam orientasi vertikal maupun horizontal. Ini akan mengembalikan titik fokus ke posisi tersebut setiap kali Anda memutar kamera.

Pilihan ini tidak hanya beralih di antara titik fokus dalam orientasi yang berbeda, namun Anda juga dapat memilih mode area AF yang berbeda untuk pengambilan gambar horizontal atau vertikal. Caranya seperti ini:

Buka Custom Settings Menu > Autofocus > Store by orientation > pilih Focus point atau Focus point and AF-area mode. Perhatikan, bahwa pada kamera mid-range hanya ada "on" atau "off" karena focus point adalah satu-satunya pilihan yang tersedia di situ.

Saat Anda menyesuaikan setelan ini, kamera akan mengingat titik fokus terakhir yang Anda miliki saat Anda memegangnya dalam posisi horizontal atau vertikal. Tentu saja, Anda selalu bisa mengubahnya, dan kamera akan mengingat pengaturan yang baru. Sayangnya Anda tidak dapat melakukan ini pada Nikon D7000.

Nah itulah 7 trik oleh Steve Perry. Ada banyak tombol dan kontrol pada DSLR, dan selalu ada sesuatu yang baru untuk Anda ketahui. Jadi saya harap Anda menemukan trik baru dari tutorial ini dan Anda akan menggunakannya untuk membuat Nikon Anda sempurna dengan penggunaan yang cepat, praktis dan disesuaikan untuk kebutuhan Anda.